Kamis, 07 Juni 2012

Mengapa Sel Berukuran Kecil

Pertanyaan mengapa sel berukuran kecil? Merupakan pertanyaan yang sangat menarik. Pertanyaan berikutnya adalah mengap[a ukuran sel tidak bertambah seiring dengan bertambahnya besar organisme? Atau mengapa tidak ada makhluk sel tunggal raksasa? Evolusi cenderung mempertahankan sel-sel berukuran kecil dan meningkatkan jumlah sel seiring dengan bertamba besarnya suatu organisme. Hal ini sesuai dengan hipotesis rasio luar permukaan terhadap volume.
Hipotesis Luas Permukaan Terhadap Volume
Luas permukaan merupakan daerah panjang dan lebar permukaan luar suatu objek. Penghitungan luas permukaan bergantung pada bentuk objeknya. Misalnya luas permukaan enam kali luas enam kali luas masing-masing sisi kubus yang bergantung pada panjang dan lebar masing-masing sisi tersebut dalam satuan persegi. Sebaliknya volume merupakan ruang tiga dimensi di dalam suatu objek volume yang bergantung pada bentuk objek. Volume suatu kubus merupakan hasil perkalian antara panjang, lebar, dan tinggi suatu objek dalam satuan kubik
Rasio Luas Permukaan Terhadap volume merupakan perbandingan besarnya luas permukaan suatu objek dengan volumenya. Hipotesis rasio luas permukaan terhadap volume adalah semakin kecil suatu objek, rasio luas permukaan terhadap volumenya akan menjadi semakin besar. Sebaliknya semakin besar suatu objek, volumenya akan menjadi lebih kecil.
Pengaruh Rasio Luas Terhadap Volume Pada Sel.
Fakta ini juga berlaku pada sistem biologi dari organisme hingga sel. Sel memperoleh nutrien dan membuang sisa metabolisme melalui seluruh permukaan sel-sel permukaan metabolisme didalam volume atau ruang dalam sel.Semakin besar sel, semakin besar volume dan semakin banyak metabolisme yang dibutuhkan di dalam sel. Akibatnya dibutuhkan nutrien dalam jumlah besar yang harus masuk kedalam sel dengan cepat juga pembuangan sisa metabolisme yang cepat keluar sel. Jika sel berukuran terlalu besar ,ada bahaya yang mungkin muncul yaitu metabolisme tidak tersedia dalam jumlah yang mencukupi. Zat-zat buangan yang merupakan sisa metabolisme akan menumpuk di dalam sel sehingga sel tidak dapat berfungsi secara optimal. Keseluruhan masalah tersebutberkaitan dengan rasio luas permukaan sel yang kecil terhadap volume sel pada sel yang berukuran besar.
Kesimpulan adalah sel lebih baik berada pada rasio luas permukaan yang lebih besar dibandingkan volumenya agar tersedia luas permukaan sel yang cukup untuk memasukkan nutrien dan mengeluarkan zat-zat buang pada kecepatan yang cukup baik untuk mempertahanka sel agar tetap hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar