Kamis, 07 Juni 2012

MORANGE Berkantor Lewat Ponsel Java

Makin majunya teknologi, membuat para pekerja bisa bekerja dari jarak jauh, yaitu lewat jaringan seluler yang tersebar dimana-mana. Dokumen kerja dibuat di sebuah kafe, sambil melakukan rapat lewat chatting, bertukar file dari jarak jauh dan mengecek e-mail yang masuk. Semua itu belum tentu bisa dilakukan oleh ponsel-ponsel canggih yang beredar sekarang. Tapi, lewat aplikasi Java bernama Morange, bekerja dari jarak jauh itu akan bisa dilakukan dengan mudah, hanya lewat sebuah ponsel.
Morange adalah aplikasi Java gratis yang bisa menangani transfer data dan lalu lintas informasi digital. Aplikasi bersifat lintas platform, bisa dipakai di ponsel Java tanpa sistem operasi, dengan OS Linux ataupun OS Symbian (termasuk UIQ). Kemampuan Morange Full Version sangat lengkap, meliputi Remote Desktop, Push Mail, RSS, Mobile Office, Mobile Surveillance, File Sharing, Mobile IM, PIM Sync, dan Mobile Blog. Karena kelengkapannya itu, Morange Full Version membutuhkan spesifikasi ponsel cukup tinggi, yaitu prosesor yang cepat dan memori besar. Singkatnya, hanya bisa bekerja dengan baik pada ponsel kelas atas.
Apa saja syarat menikmati lengkapnya fitur gratis dari Morange itu? Syaratnya, ponsel mesti mendukung J2ME, koneksi GPRS aktif (lebih baik kalau EDGE/3G), besar RAM (Heap Size) lebih besar dari 800KB, pembatasan file jar harus lebih besar dari 350KB, dan aplikasi Java di ponsel bisa mengakses internet via GPRS/EDGE/3G. Jika ponsel Anda bukan generasi canggih, Morange Mini bisa berfungsi pada ponsel lama, seperti SE K300i , K700i dan Motorola E398. Namun, hanya fungsi Mobile IM dan Remote Access yang bisa digunakan.
Beberapa ponsel yang mendukung aplikasi Morange Full Version di antaranya adalah Nokia 6230i/6280/3250/6680/N70/N73/9300/6630/E61/9210c/7610/9300, Motorola V3x/E680i/A1200/A1000, Sony Ericsson P900i/P990i/M600i/W800i/W810i/K800i, O2 Atom/Mini, Samsung SGH-Z230/X640 dan Dopod 838/900. Morange bisa di-download gratis di http://www.morange.com.
Berbagai kelebihan Morange membuatnya sayang untuk dilewatkan, yaitu:
1. Push Mail. Mirip Blackberry yang mahal itu, jika ada e-mail masuk, langsung terkirim ke ponsel, tanpa harus mengecek ke e-mail server. Fitur ini bersifat real time dan aman untuk mengakses e-mail dari alamat e-mail mana pun, asalkan mendukung POP3/IMAP. Morange juga mendukung semua jenis file attachment (lampiran). Berbagai alamat e-mail yang berbeda (multiple account) bisa digunakan. Semuanya bisa otomatis masuk ke ponsel. Hebatnya lagi, semua e-mail dan data lampiran lebih aman karena terlindungi dengan teknologi enkripsi dan teknologi kompresi untuk download yang lebih cepat.
2. Mobile Internet Messenger. Layaknya Yahoo Messenger (YM), sesama pengguna bisa berkomunikasi lewat chatting. Account bisa berupa dari Morange sendiri, atau account IM luar seperti MSN atau Googletalk.
3. Remote Access. Di server Morange, ada ruang yang cukup besar untuk menyimpan file apapun (file foto, spreadsheet, gambar dan presentasi). Space ini serasa harddisk komputer Anda sendiri, yang bisa diakses dengan melakukan login ke Morange, cukup lewat ponsel saja. Jika PC Anda memiliki IP Static, maka Anda bisa mengendalikan PC tersebut lewat ponsel dan mengirim e-mail secara remote (dari jarak jauh).
4. PIM Sync. Morange bisa melakukan sinkronisasi PIM (Personal Information Manager), yaitu data di Phonebook (Contacts), Calendar, dan daftar tugas (Task) di Microsoft Outloook. Setiap ada perubahan isi PIM tersebut, baik di komputer atau lewat ponsel, maka keduanya akan langsung saling melakukan sinkronisasi, sehingga isinya menjadi sama persis.
5. Mobile Surveillance. Lewat aplikasi Morange di ponsel, Anda bisa mengamati dan mengontrol kamera untuk keamanan yang bisa ditempatkan di manapun. Kameranya mesti memiliki IP Static/WiFi atau Webcam. Jadi, Anda bisa mengamati situasi yang terekam dalam kamera dari mana pun dan kapan pun, langsung dari ponsel. Anda juga bisa menikmati video streaming via kamera yang telah dihubungkan ke aplikasi Morange di ponsel.
6. Push RSS. Dengan fitur Push RSS (RSS, RDF dan Atom), maka Anda akan mendapat update informasi setiap ada peringatan kinerja saham, berita atau isi sebuah Blog. Fitur Push RSS Morange mendukung hingga 1000 channel, bisa mendaftar ke sebuah channel langsung via ponsel, transmisi data dikompresi agar lebih cepat, update perubahan isi Blog lain, dan fungsi sinkronisasi antara web site dan ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar