Kamis, 07 Juni 2012

Menghemat Baterai Notebook

Kehabisan tenaga baterai di tengah aktifitas saat menggunakan notebook masih menjadi hal yang paling menyebalkan bagi pengguna notebook. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, mungkin beberapa tips dan pemaparan untuk menghemat baterai notebook di bawah ini dapat membantu Anda.
Menghemat Baterai
Saat berada dalam lingkungan yang tidak tersedia stop kontak atau sumber tenaga listrik yang memadai, Anda tentu saja harusmenghemat tenaga baterai notebook agar dapat bekerja dalam waktu yang cukup lama. Berikut ini beberapa tips untuk menghemat baterai notebook.

1. Gunakan Power Management System
Dalam Microsoft Windows terdapat aplikasi “Power Options” yang terdapat di dalam Control Panel. Pada tab Power Options Properties pilih “Portable/Laptop” power scheme. Beberapa pabrikan notebook juga memiliki aplikasi power management-nya sendiri, yang dapat membantu untuk mengoptimalkan penggunaan tenaga dan umur baterai.

2. Mengurangi tingkat display brightness
Anda dapat mengurangi tingkat brightness pada LCD untung menghemat energi baterai. Fakta juga membuktikan, selain dapat menghemat baterai, pengurangan tingkat brightness juga mengurangi risiko mata lelah.

3. Tutup aplikasi/program yang tidak digunakan
Aplikasi yang berjalan akan membebani kinerja system dan membutuhkan energi baterai untuk menjalankannya. Tutup semua aplikasi/program yang tidak Anda butuhkan untuk menghemat konsumsi baterai.

4. Lepas PC Card atau USB device dari notebook
Semua device tambahan yang Anda tancapkan pada notebook juga membutuhkan energi tambahan yang berasal dari baterai, meskipun device tersebut dalam keadaan idle. Jadi lebih baik Anda copot saja device yang tidak diperlukan untuk menghemat baterai.

5. Non-aktifkan koneksi Wireless LAN atau Bluetooth saat tidak digunakan
Sama halnya dengan modul koneksi Wireless LAN atau Bluetooth network adapter. Seyogyanya Anda matikan jika memang sedang tidak diperlukan untuk melakukan koneksi dengan perangkat lain.

6. Meningkatkan system memory
Komputer menyimpan data secara temporary sebagai virtual memory dalam hard drive untuk meringankan beban system memory (memory fisik). Dengan menambah system memory akan membantu untuk mengurangi ketergantungan system terhadap hard drive, yang tentu saja juga akan mengkonsumsi sejumlah tenaga baterai.

7. Kurangi aktifitas optical drive
Kurangi aktifitas yang menggunakan optical drive, misalnya mendengarkan musik dari CD atau menonton film DVD.

8. Kurangi penggunaan aplikasi yang mengandalkan kinerja grafis
Notebook yang sering digunakan untuk aplikasi yang mengandalkan kinerja grafis tinggi, seperti desain grafis, animasi 3D, video editing, dan juga bermain game, akan mengurangi tenaga baterai dengan drastis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar