Kamis, 07 Juni 2012

Peran Inti Sel Dalam Menentukan Jenis Acetauleria

Inti sel mengandung materi genetik yang menentukan sifat-sifat menurun pada suatu organisme. Sifat ini dapat jelas diperagakan dengan percobaan okulasi timbal balik dua jenis Acetabularia, suat genus (marga) ganggang (algae) hijau bersel satu. Semua jenis Acetabularia mempunyai tubuh bersel tunggal yang terdiri dari tiga bagian yaitu tudung, batang dan kaki yang berisi sel. Pada jenis A. mediterranea, tudung itu lebih menyerupai sebuah payung terbalik, terdiri dari sejumlah jari-jari yang terjalin bersama. Pada Jenis lain, A.crenulata, tudungnya terdiri dari tonjolan menyerupai jari yang lepas tidak terikat. Jika tudung jenis mana saja dipotong maka tudung baru akan tumbuh.
Tudung baru juga dapat tumbuh dengan menempelkan batang jenis Acetabularia yang satu ke kaki jenis Acetabularia jenis yang lain. Namun, tudung baru yang terbentuk selalu mengikuti jenis yang memberi kaki yang berisi nukleus.
Jika dua kaki masing-masing dari jenis berbeda, ditempelkan pada satu batang, maka tudung yang akan tumbuh mempunyai bentuk peralihan yang mencerminkan pengaruh masing-masing nukleus. Percobaan ini menunjukan bahwa tipe tudung, yang merupakan sifat menurun yang menentukan tipe jenis Acetabularia ditentukan oleh inti sel pada kaki dan bukan oleh sitoplasma batang yang langsung di sebelahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar